Where the Science of Engineering & Management Blends

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran yang telah ditentukan oleh IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education)  sebagai berikut:

  1. Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan.
  2. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global.
  3. Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik.
  4. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik.
  5. Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
  6. Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
  7. Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada.
  8. Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
  9. Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
  10. Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.

Capaian pembelajaran Program Studi Teknik Industri PSTI-UI adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan prinsip-prinsip kerekayasaan
  2. Kemampuan untuk mendesain dan melaksanakan riset dan proyek riset, serta menganalisa dan menafsirkan data.
  3. Kemampuan untuk merancang, menerapkan dan meningkatkan kinerja suatu sistem terpadu, komponen, atau proses untuk memenuhi kebutuhan dalam batasan yang realistik seperti ekonomi, lingkungan, sosial, politik, hukum, etika, faktor manusia, kesehatan dan keselamatan, kelayakan pembuatan, dan keberlanjutan
  4. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah rekayasa
  5. Kemampuan untuk menggunakan teknik, ketrampilan, dan alat bantu modern yang diperlukan dalam praktek rekayasa
  6. Kemampuan untuk berperan dalam tim multi-disiplin
  7. Kemampuan bekerja dengan profesional dan memiliki tanggung jawab etika
  8. Memiliki pendidikan luas untuk mengerti pengaruh dari pemecahan masalah rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sos
  9. Kemampuan untuk belajar secara mandiri dan berkesinambungan (lifelong learning)

Sedangkan sebagai lulusan UI, mahasiswa PSTI UI diharapkan memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non akademik (kompetensi UI)
  2. Kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (kompetensi UI)
  3. Kemampuan mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika (kompetensi UI)
  4. Kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok (kompetensi UI)
  5. Kemampuan memberikan alternatif pemecahan beragam masalah yang timbul di masyarakat, bangsa dan negara Indonesia (kompetensi UI).

pic1

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

error: Content is protected !!