Program Doktor S3

Sasaran Program Studi Doktor (S3)

Sasaran Khusus Program Studi Doktor (S3) di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia terhadap visi, misi dan tujuan organisasi merupakan penitikberatan unsur penelitian dalam tujuan departemen adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat terwujudnya atmosfer Universitas Riset dalam lingkungan Departemen Teknik Industri.
  • Mewujudkan wadah pendidikan S3 di Teknik Industri bagi sumber daya manusia yang berkualitas dan berprestasi dalam bidang riset dan pengembangan IPTEK.
  • Meningkatkan kemampuan peserta program di dalam melakukan penelitian mandiri di bawah bimbingan satu atau sekelompok dosen pembimbing dengan orisinilitas yang tinggi.
  • Meningkatkan kualitas keilmuan para pembimbing untuk berkompetisi di tingkat regional dan internasional.
  • Menghasilkan jumlah publikasi hasil kegiatan penelitian mandiri di dalam seminar dan jurnal nasional terakreditasi serta internasional yang berkualitas.
  • Meningkatnya sikap keterbukaan, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, serta permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Tujuan Program Studi Doktor (S3)

Tujuan Program Studi Doktor (S3) ini bertujuan menghasilkan Doktor dalam bidang ilmu Teknik Industri yang berbudi luhur, mampu menghasilkan gagasan baru melalui kegiatan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu serta masyarakat, yang memiliki keunggulan dengan pencapaian kualifikasi kompetensi lulusan sebagai berikut:

  1. Mampu memberikan kontribusi baru (novelty contribution) terhadap pengembangan keilmuan teknik industri.
  2. Mampu untuk menghasilkan karya atau penemuan orisinil.
  3. Mampu melakukan penelitian disiplin ilmu teknik industri secara mandiri.
  4. Mampu mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil kegiatan penelitian mandirinya di dalam seminar ilmiah atau jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional.
  5. Mempunyai etika dan attitude akademis sebagai penyandang gelar doktor.

Profil Lulusan Program Doktor (S3)

“Perekayasa industri yang berperan untuk merancang, meningkatkan, mengoperasikan, dan memelihara sebuah sistem manufaktur dan jasa yang terintegrasi dan multi tingkatan dalam rangka peningkatan produktivitas dan kualitas dari sistem melalui hasil penelitian ilmiah mandiri yang inovatif dan orisinil dengan menjunjung nilai-nilai profesionalisme

Karakteristik Program Studi Doktor (S3)

Program Studi Doktor (S3) dalam bidang ilmu Teknik Industri diarahkan kepada riset pengembangan dan perekayasaan ilmu teknik industri. Ciri khas program doktor di Teknik Industri yang membedakan dengan program Doktor di universitas lainnya adalah fokusnya yang menitik beratkan riset keilmuan pada kombinasi sebuah matriks kombinasi antara dua tingkatan skala sistem industri (makro dan meso) dengan dua jenis industri (manufaktur dan jasa). Pada skala makro berarti berada pada skala perusahaan dan antar-perusahaan (rantai suplai), sedangka pada skala meso berarti pada skala rantai operasi atau rantai produksi.

Dengan adanya dua kelompok besar serta fokus riset ilmu teknik industri ke bidang jasa ini, berarti dalam program studi S3 ini ditawarkan berbagai topik pilihan disiplin ilmu yang dapat dijadikan bahan penelitian dalam menyelesaikan studi S3 di Teknik Industri dan merupakan sebuah bidang riset yang akan menjadi ciri khas dari lulusannya. Secara lebih lanjut karakteristik ini akan dijabarkan pada bagian kurikulum.

1

Persyaratan Calon Mahasiswa Doktor (S3)

Persyaratan calon dan penerimaan mahasiswa program doktor bidang teknik industri mengikuti aturan yang berlaku di Universitas Indonesia yang dituangkan dalam SK Rektor UI tentang  penyelenggaraan Program Doktor No.263/SK/R/UI/2004 dan Buku Panduan Program Doktor Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun 2006. Adapun persyaratan akademis calon mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi BAN-PT atau lulusan magister dari perguruan tinggi luar negeri yang telah disetarakan oleh DIKNAS dan perguruan tinggi yang telah diakui oleh UI.
  2. Calon peserta berijazah Magister di bidang Ilmu Teknik yang sama atau berijazah di Bidang Ilmu yang relevan dengan bidang ilmu yang dikembangkan oleh program Doktor Teknik Industri. Jika diperlukan calon mahasiswa diwajibkan mengikuti program matrikulasi untuk pengenalan terhadap dasar-dasar bidang ilmu teknik industri.
  3. Calon peserta memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dari skala 4,00 dari program magister terdahulu.
  4. Evaluasi secara khusus oleh Tim yang dibentuk oleh ketua Program Studi Khusus bagi Calon Peserta Lulusan Luar Negeri yang pada ijazah dan transkrip akademiknya tidak mencatumkan IPK serta diharuskan juga melampirkan surat keikutsertaan ijazahnya yang telah dilegalisasi oleh Ditjen-DIKTI-DIKNAS
  5. Mengikuti SIMAK UI dan memperoleh nilai TPA minimal 550 dan TOEFL minimal
  6. Calon peserta wajib mengajukan Pra-Proposal Penelitian untuk dievaluasi

Calon peserta program doktor harus melengkapi berkas pendaftaran untuk ikut seleksi yang terdiri dari:

  1. Fotokopi ijazah dan transkrip akademik yang telah disahkan oleh pejabat perguruan tinggi yang berwenang berikut terjemahan resminya dalam bahasa Indonesia jika ijazah dan transkrip akademik dituliskan dalam bahasa asing, kecuali bahasa inggris.
  2. Surat Keputusan Hasil Penilaian Ijazah Pendidikan Tinggi Luar Negeri dari Mendiknas/Menag Republik Indonesia bagi lulusan perguruan tingi luar negeri/sekolah internasional.
  3. Sertifikat BIPA II bagi orang asing untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Indonesia.
  4. Surat izin atasan untuk mengikuti program studi bergelar jika sedang bekerja.
  5. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae
  6. Surat Pernyataan bermaterai dari penanggung biaya yang berisi pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan Universitas Indonesia.
  7. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

error: Content is protected !!