Where the Science of Engineering & Management Blends

Hasil Kuesioner Kepuasan Dosen, Tenaga Kependidikan & Laboran DTI, Mahasiswa serta Alumni Program Magister TI UI terhadap Manajemen dan Layanan Departemen dan Fakultas

Hasil Kuesioner Kepuasan Dosen, Tenaga Kependidikan & Laboran DTI, Mahasiswa serta Alumni Program Magister TI UI terhadap Manajemen dan Layanan Departemen dan Fakultas

Sebagai bentuk komitmen Departemen Teknik Industri (DTI) UI dalam manajemen mutu, DTI UI melakukan upaya-upaya untuk terus dapat menjaga dan meningkatkan kualitasnya, tidak terkecuali pada Program Studi Magister Teknik Industri (PSMTI). Dalam mewujudkan hal tersebut, PSMTI-UI aktif melakukan survei sebagai bentuk evaluasi untuk perbaikan berkelanjutan kepada para sivitas akademiknya yang mencakup dosen, tenaga kependidikan (tendik) & laboran, mahasiswa serta alumni PSMTI-UI. Survei ini dilakukan untuk mengetahui kinerja layanan yang diberikan oleh departemen dan fakultas sebagai penyelenggara pendidikan PSMTI-UI agar dapat terus ditingkatkan demi terciptanya kualitas pendidikan yang baik.

Survei kepada dosen dan tendik & laboran DTI dilakukan untuk mengetahui tingkat pelayanan yang dirasakan sebagai pekerja aktif di lingkungan DTI dan FT UI. Survei ini dibagi menjadi tiga bagian, bagian pertama berkaitan dengan sarana dan prasarana yang mereka gunakan sebagai tempat bekerja (baik ruang dosen, ruang kerja, ruang kelas, dan fasilitas lainnya yang relevan), bagian kedua berkaitan dengan manajemen sumber daya manusi dan bagian terakhir berkaitan dengan penyediaan dan keterbukaan informasi bagi semua entitas. Untuk pertanyaan terkait fasilitas terdapat lima pertanyaan yaitu ketersediaan fasilitas komputer, ketersediaan jaringan internet, kesesuaian ruang kerja, ketersediaan fasilitas dan layanan lain yang mendukung infrastruktur umum kegiatan pendidikan. Pertanyaan untuk bagian manajemen sumber daya manusia terdiri dari enam pertanyaan, yaitu terkait dengan kenaikan pangkat dan jabatan, pengembangan pendidikan dan keterampilan, administrasi pengelolaan SDM, remunerasi, suasana dan lingkungan kerja, serta layanan terkait pengelolaan SDM secara umum. Pada bagian ketiga terdiri dari satu pertanyaan, yakni layanan terkait penyediaan dan keterbukaan informasi secara umum. Hasil survei, seperti pada pada gambar di bawah ini, menunjukkan bahwa lebih dari 80% dosen dan tendik merasa layanan yang tersedia di lingkungan DTI dan FT UI sudah baik, bahkan tidak ada yang memberikan nilai kurang pada survey tersebut untuk seluruh aspek. Terlebih lagi, dari aspek ketersediaan dan keterbukaan informasi, seluruh dosen dan tendik sudah merasa puas dan sangat puas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa secara umum para dosen dan tendik DTI merasa puas dengan layanan yang disediakan dalam penyelenggaran kegiatan pendidikan di lingkungan DTI dan FT UI.

Selain kepada dosen dan tendik, survei kepuasan juga dilakukan kepada mahasiswa PSMTI-UI. Survei kepada mahasiswa dilakukan untuk mengetahui tingkat pelayanan yang dirasakan mahasiswa magister saat menempuh studi di Departemen Teknik Industri. Untuk dapat memahami secara menyeluruh, terdapat lima aspek yang dievaluasi, yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), empati (empathy), dan pelayanan fisik (tangible). Secara umum, survei menunjukkan bahwa lebih dari 95% mahasiswa PSMTI-UI menyatakan layanan yang diberikan PSMTI-UI bernilai baik ataupun sangat baik.

Selanjutnya, DTI juga melakukan survei kepada para alumni PSMTI-UI untuk mengetahui tingkat kepuasan mereka terhadap layanan yang diberikan oleh departemen dan fakultas. Survei ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan alumni terhadap layanan terkait pengelolaan kegiatan perkuliahan, fasilitas, dan ketersediaan dan keterbukaan informasi. Dari survei tersebut, membuktikan bahwa performa layanan yang diberikan oleh DTI dan FT UI dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan di PSMTI-UI yang dirasakan oleh alumni sudah baik.

Dari survei yang dilakukan kepada para dosen, tendik, mahasiswa dan alumni PSMTI-UI dapat disimpulkan bahwa secara umum layanan yang diberikan oleh pihak DTI dan FT UI dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan, khususnya PSMTI-UI, sudah baik dan membuat para stakeholder tersebut merasa puas.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

error: Content is protected !!