Terkadang, karena kita sering mendengarkan sebuah pertanyaan secara berulang, kemudian menjawab pertanyaan tersebut dan tidak ada umpan balik terhadap jawaban kita, maka kita berasumsi bahwa cara menjawab kita sudah benar. Bahkan terkadang pula, penanya juga sebenarnya tidak tahu apa makna kata tanya yang dia berikan dan bagaimana seharusnya jawaban harus diberikan.
Untuk itu berikut adalah berbagai kata tanya dan seharusnya apa jawaban yang diberikan:
Analisa (Analyse) |
Mengidentifikasikan komponen permasalahan, mengevaluasi kinerja komponen dan pengaruhnya kepada kinerja keseluruhan, membandingkan dengan standard/teori dan mengambil kesimpulan dari hal tersebut |
Deskripsikan (Describe) |
Menulis secara detail suatu pokok pikiran, memberikan gambaran dari suatu hal dalam bentuk urutan yang logis atau sebagai suatu cerita |
Pendapat (Comment on) |
Memberikan pendapat berdasarkan cara pandang anda. Biasanya penguji ingin tahu bagaimana anda memandang suatu permasalahan. |
Kritisi (Critizice) |
Berikan pendapat pribadi anda terhadap suatu pernyataan atau teori dalam kerangka benar atau salah, dan berikan alasannya termasuk bukti-bukti atau illustrasi, tanpa ada kesan untuk menyerang. |
Definisikan (Define) |
Pemberian arti secara formal kepada suatu hal dengan berisikan kata-kata kunci, termasuk penjelasan dari kata-kata kunci tersebut. |
Evaluasi (Evaluate) |
Memberikan penilaian terhadap sesuatu (bisa berupa penilaian kebenaran atau penting/tidak peting), masukkan pula pendapat anda |
Periksa (Check) |
Memeriksa suatu subyek sesuai kriteria dalam pertanyaan tanpa perlu ada penjelasan |
Jelaskan (Explain) |
Berikan interpretasi, sederhanakan permasalahannya, dan eksplorasi hubungan yang ada secara detail |
Illustrasikan/Contohkan (Illustrate) |
Memberikan contoh yang nyata, memberikan komparasi dengan hal nyata atau menganalogikan dengan sesuatu |
Bandingkan (Compare) |
Tunjukkan perbedaan dan kesamaan |
Kontraskan (Contrast) |
Tunjukkan perbedaannya saja |
Diskusikan (Discuss) |
Investigasikan atau memeriksa dengan memberikan argument, menampilkan perdebatan baik yang pro maupun yang kontra |
Review |
Memeriksa subyek secara kritis dari segala berbagai segi pandangan yang mungkin dan berbeda-beda |
Tuliskan (Write) |
Tuliskan tanpa memberikan pendapat |
Simpulkan (Summarize) |
Berikan secara singkat pokok-pokok pikiran tanpa penjelasan detail atau contoh |
Buktikan (Prove/Justify) |
Tunjukkan apakah benar atau salah (salah satu) dengan memberikan bukti dan argumentasi |
Berikan langkah (Procedure) |
Deskripsikan langkah-langkah menjalankan suatu aktivitas secara berurutan |
Proposalkan (Propose) |
Plan of Action untuk menjalankan suatu aktivitas secara lebih komprehensif, mencakup alasan, table waktu, sumber daya, dan biaya (Lengkah menjawab 5W+1H) |
Rasionalkan (Rationalize) |
Berikan alasan (jawaban dari pertanyaan why?) |
Gambarkan/Diagram |
Membuat illustrasi dalam bentuk gambar/flowchart |
Outline |
Berikan kerangka atau pokok-pokok kesimpulan dalam suatu bentuk yang terorganisasi secara logis |
Terjemahkan (Interpret) |
Menuliskan kembali subyek sehingga lebih jelas (explicit); biasanya juga memberikan pendapat |
Relasikan (Relate) |
Mencari interrelasi (hubungan) dari berbagai macam subyek dan berikan argument anda untuk menjustifikasi hubungan tersebut |
Observasi (Observe) |
Perhatikan dan catat suatu obyek tanpa ada pendapat |
Rancang (Design) |
Mendefinisikan kebutuhan-asumsi-keterbatasan rancangan, menceritakan langkah-langkah merancangan dan hasil dari setiap langkah, menunjukkan hasil rancangan (gambar/skema/prototype) |
Lakukan (Follow through) |
Mensimulasikan/melakukan langkah-langkah yang diminta, tuliskan semua pengalaman/hambatan/hal yang dipelajari dalam setiap langkah2 tersebut |