Doktor S3

Program Pendidikan Doktor Teknik Industri telah dibuka dengan SK Rektor SK Rektor 3135/SK/R/UI/2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Industri Program Pendidikan Doktor Fakultas Teknik Universitas Indonesia, tertanggal 23 September 2014.

Profil Lulusan S3 Teknik Industri yang akan dikembangkan adalah

“Perekayasa industri yang berperan untuk merancang, meningkatkan, mengoperasikan, dan memelihara sebuah sistem manufaktur dan jasa yang terpadu dan multi tingkatan dalam rangka peningkatan produktivitas dan kualitas dari sistem melalui hasil penelitian ilmiah mandiri yang inovatif dan orisinal dengan menjunjung nilai-nilai profesionalisme“

Dengan mempertimbangkan pemenuhan 3 Kompetensi Nasional untuk Program Doktor dalam KKNI (Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia) Tingkat 9 adalah

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter-, multi-, atau transdisiplin.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional.

Yang diterjemahkan dalan 12 Kerangka Kompetensi Lulusan S3 Teknik Industri yang mencakup:

  1. Mampu memberikan karya kreatif, original, dan teruji terhadap pengembangan keilmuan teknik industri melalui pemecahan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter-, multi-, atau transdisiplin.
  2. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam pengembangan disiplin ilmu teknik industri secara mandiri dalam koridor etika dan perilaku ilmiah
  3. Mampu mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil kegiatan penelitian mandirinya di dalam seminar ilmiah atau jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional sebagai pengakuan nasional dan internasional atas keilmuannya.
  4. + 9 Kompetensi Inti Pendidikan di Fakultas Teknik dan Universitas Indonesia

Kurikulum Lengkap Program Doktor Teknik Industri dapat dilihat pada website FTUI pada bagian Program Pendidikan Doktor.

Para calon peserta program pendidikan doktor diharapkan telah menghubungi dan mendapatkan persetujuan dari calon promotor yang ada di Program Doktor Teknik Industri UI sebelum mendaftarkan diri ke SIMAK UI.