Labs Profile

(for English version, please see at the bottom – below the Indonesian version)

Saat ini TIUI telah memiliki secara resmi 5 laboratorium dan sedang mengembangkan 2 laboratorium baru, laboratorium tersebut adalah

Lab Faktor Manusia (Ergonomic Center)

Lab Faktor Manusia mengembangkan keilmuan faktor manusia yang merupakan salah satu tonggak keilmuan dasar di teknik industri. Salah satu pusat penelitian yang dikembangkan adalah Ergonomic Center yang diresmikan pada tahun 2010. Beberapa bidang penelitian ergonomi yang dapat diterapkan pada Ergonomic Center yang diharapkan dapat berkontribusi bagi kepentingan industri, antara lain:

  • Assessment & Cognitive Ergonomics dan Auditory Systems Research dengan fasilitas pendukung yang tersedia berupa: Accoustics & Hearing System.
  • Displays & Controls, Human-Computer Interaction, dan Industrial Ergonomics & Biomechanics Research dengan fasilitas pendukung yang tersedia berupa: Eye Tracker
  • User-Centric Innovations in Design Research dengan fasilitas pendukung yang tersedia berupa: 3D Body Scanner
  • Motion Economy dan Safety Engineering Research dengan fasilitas pendukung yang tersedia berupa: Motion Capture System dan Heat-Cold Environment Room

Ergonomic Center juga didukung dengan berbagai sarana pendidikan dan penelitian lainnya seperti: Aplikasi Jack Human Modelling, Micro-Lab Spirometer, berbagai instrumen peralatan pengukuran yang sangat presisi dari Larson Davis, Smart Sensor, Baseline, Procomp, dan Lafayette Intruments, dan memiliki lebih dari 10 unit high-end Workstation yang siap membantu para mahasiswa dan peneliti dalam pengolahan data dan penelitian.

Website: http://ergocen.ie.ui.ac.id/

Lab Rekayasa Sistem, Pemodelan dan Simulasi

Laboratorium ini mengembangkan aspek simulasi dan optimasi pada teknik industri, dengan fokus kepada dukungan terhadap proses rekayasa sistem kompleks. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada website lab ini.

Website: systems.ie.ui.ac.id

Lab Sistem Informasi dan Pengambilan Keputusan

Laboratorium yang mengembangkan aspek pengelolaan sistem informasi yang saat ini telah menjadi bagian integral dalam pengelolaan industri.

Lab Sistem Manufaktur

Laboratorium sistem manufaktur mengembangkan keilmuan tentang sistem produksi dan operasi. Secara rutin laboratorium ini melakukan 2 permainan pembelajaran berbasis simulasi, yaitu kanban game dan PPIC game. Saat ini laboratorium sistem manufaktur juga menjadi tempat sementara rencana pengembangan laboratorium desain produk, yang telah memiliki Color 3D Rapid Prototyping Printer Z-Printer, yang mampu membuat sebuah prototype produk dari desain CAD. Lab ini juga telah memiliki AutoCAD Inventor, Mechanical Desktop serta NX6 untuk melakukan product design.

Website: Sedang Dikembangkan

Lab Kualitas dan Rekayasa Reliabilitas

Laboratorium ini mengembangkan konsep kualitas dan reliabilitas yang memiliki basis ilmu statistik.

Website: http://quality.ie.ui.ac.id/

Laboratorium Desain Produk dan Inovasi

Webiste: http://prodev.ie.ui.ac.id