Peminatan Sistem Produksi dan Logistik

Peminatan Sistem Produksi dan Logistik adalah cabang Teknik Industri yang mengkhususkan diri dalam disain, meningkatan dan pengoperasian sistem pembuatan dan penyimpanan barang sampai dikirim ke pelanggan. Bidang peminatan ini merupakan bidang pertama dan tradisional dalam keilmuan teknik industri yang pada awal berdirinya memang berfokus untuk menjamin produk barang dibuat dan dikirim dengan tepat jumlah, tepat mutu dan tepat waktu. Dengan kata lain produktifitas dan kualitas fasilitas produksi serta logistik harus dapat terus ditingkatkan agar berdaya saing tinggi.

Indonesia telah menyadari bahwa kondisi geografis yang bersifat maritim sebenarnya telah memberikan tantangan tersendiri di bidang produksi dan logistik. Pusat-pusat produksi yang berfokus di Jawa dengan infrastrukturnya yang baik, membuat ketidak seimbangan aliran barang ke daerah barat dan timur Indonesia, sehingga meningkatkan biaya logistik serta transportasi. Ini menjadi peluang bagi peminatan Sistem Produksi dan Logistik untuk berkontribusi secara aktif terhadap perbaikan dan pengembangan kondisi logistik maritim di Indonesia.

Peminatan ini mempunyai keahlian khusus terutama pada pengetahuan Sistem Manufaktur, Sistem Persediaan, Sistem Logistik dan Sistem Transportasi. Pengetahuan Sistem Manufaktur memahami dan meneliti aktifitas yang kompleks yang melibatkan berbagai variasi sumber daya dan aktifitas termasuk perancanganproduk, pembelian, pemasaran, mesin dan perkakas penjualan, perancangan proses, dan production control. Pengetahuan SistemPersediaan memahami dan meneliti permasalahan sistem inventory dan perannya dalam mendukung kelancaran operasi sistem produksi. Termasuk proses dan metode perencanaan dan pengendalian inventory pengembangannya. Pengetahuan Sistem Logistik memahami dan meneliti sistem dan manajemen logistik termasuk perencanaan, pengorganisasian ,pengoperasian dan pengendalian sistem logistik.

Sedangkan Pengetahuan Sistem Transportasi memahami dan meneliti peran intervensi manusia terhadap persoalan dan perkembangan teknologi transportasi termasuk analisis komponen sistem transportasi, biaya transportasi, permintaan /penawaran jasa transportasi, karakteristik pergerakan transportasi, dasar-dasar intermoda transportasi (darat, laut,dan udara) serta metode evaluasi kelayakan transportasi. Peminatan ini dimotori oleh Laboratorium Sistem Manufaktur serta Pusat Studi Logistik Maritim FTUI.

Mata Kuliah Wajib Peminatan:
1. Sistem Manufaktur
2. Sistem Persediaan
3. Sistem Logistik
4. Sistem Transportasi

Mata Kuliah Pilihan Peminatan:
• Manajemen Kualitas Terpadu
• Lean Manufacturing
• Organisasi Industri
• Logistik Maritim