Peminatan Rekayasa Data dan Kualitas

Peminatan Rekayasa Data dan Kualitas ini sangat erat kaitannya dengan Data Mining yang akhir-akhir ini semakin diminati di dunia industri. Peminatan ini menitikberatkan pada pemanfaatan data dalam jumlah besar (Big Data) yang tersedia dengan semakin mudah dan cepat, untuk mengetahui pola tersembunyi dalam data yang bisa diekstraksi menjadi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Mata kuliah wajib peminatan memberikan dasar dalam pengolahan Big Data yang pad a intinya berbasis pada teknik-teknik dalam Statistika, Penelitian Operasi serta teknik komputasi lainnya. Sedangkan mata kuliah mata kuliah pilihan peminatan yang tersedia, akan semakin melengkapi pengetahuan serta kompetensi mahasiswa S2 TeknikIndustri dalampengelolaan Big Data melalui Data Mining.

Data Mining pada awalnya banyak diimplementasikan di sektorjasa. Namun dalam perkembangannya,  mulai diimplementasikan juga di sektor-sektor lain, termasuk industri manufaktur. Pada intinya, tujuan penerapan rekayasa data baik sektor jasa maupun sektor manufaktur, sama-sama ingin mencapai perbaikan kualitas pada servis maupun produknya. 

Kebutuhan pasar terhadap lulusan Teknik Industri yang mempunyai kemampuan melakukan Rekayasa Data dan Kualitas, sudah sangat jelas. Hampir semua sektor mempunyai data yang melimpah baik yang dikumpulkan dengan sengaja maupun yang tidak. Bahkan, beberapa sektor sudah memiliki data stream yang terupdate secara real time, seperti perbankan, telekomunikasi, transportasi, keuangan dan beberapa industri manufaktur. Hal ini tentu memberi peluang bagi perusahaan untuk memperbaiki kinerjanya, dalam hal ini kualitas, apabila dapat mengetahui informasi apa yang tersembunyi di balik tumpukan data tersebut.

Dengan melihat peluang ini, maka pembukaan peminatan Rekayasa Data dan Kualitas ini akan semakin melengkapi kemampuan lulusan S2 Teknik Industri dalam merancang, memperbaiki dan menginstalasi sebuah sistem kerja.

Mata Kuliah Wajib Peminatan:

  1. Data Mining
  2. Rekayasa Jasa
  3. Kualitas dan Reliabilitas

Mata Kuliah Pilihan Peminatan:

  •  Analisis Data Multivariat
  • Keputusan, Ketidakpastian, Risiko
  • Manajemen Hubungan Konsumen
  • Optimasi Lanjut