Peminatan Manajemen Industri

Peminatan Manajemen Industri mempertahankan konsep pendekatan program Magister Teknik Industri tradisional yang bersifat generalis sebagai jawaban atas tuntutan para sarjana teknik atau eksakta yang membutuhkan pengembangan keilmuan yang bersifat manajemen industri.

Program Peminatan Magister Manajemen Industri ini akan menghasilkan tenaga yang berkeahlian dalam Mengelola, Membuat Kebijakan dan Menyusun Strategi atas berbagai elemen penting di dalam teknik Industri, seperti Manusia, Mesin (dan Fasilitas), Barang (Material), dan Uang (Money) dalam Korporasi dan Perdagangan (dalam Negeri dan Luar Negeri); tanpa menghilangkan karakternya sebagai Ahli dalam Teknik Industri pada umumnya. Selain ilmu pengetahuan yang diberikan di dalam perkuliahan, keahlian dalam Manajemen Industri juga diperlengkap dengan berbagai peralatan Teknik-teknik dan Metoda-metoda dalam memformulasikan serta sekaligus memecahkan berbagtai persoalan dalam industri.

Wawasan di dalam Manajemen Industri tidak hanya meliputi persoalan ProduksiĀ  di dalam Pabrik, tetapi harus pula mampu mengelola lingkungan perjalanan Produk di luar Pabrik dalam upaya mencapai Konsumen. Tidak hanya sampai dalam mencapai Konsumen di Dalam Negeri, tetapi juga dalam bersaing di Dunia Internasional. Termasuk di dalamnya adalah keterkaitannya dengan berbagai Kebijakan Nasional kenegaraan dalam upaya mencapai Pendapatan Nasional yang tinggi melalui pertumbuhan dan pemerataan, serta dalam memerangi inflasi serta mengurangi pengangguran. Untuk itu, Program Peminatan Manajemen Industri memberikan matakuliah-matakuliah pilihan yang cukup luas dan menarik.

Mata Kuliah Wajib Peminatan:

  1. Ekonomi Industri
  2. Manajemen Sumber Daya Industri
  3. Pengembangan Proyek Industri
  4. Manajemen Strategi Industri

Mata Kuliah Pilihan Peminatan:

  • Keuangan Korporasi
  • Sistem Informasi Enterprise
  • Manajemen Pemeliharaan
  • Manajemen Rantai Pasok