Peminatan Inovasi dan Ergonomi

Departemen Teknik Industri telah memiliki Laboratorium Ergonomic Center yang diakui sebagai salah satu yang tercanggih dan terlengkap di kawasan ASEAN. Faktor manusia adalah salah satu pilar keilmuan di Teknik Industri, baik secara fisik (ergonomi) maupun secara pikiran (inovasi). Dengan jumlah penduduk Indonesia berada di peringkat ke-4 dunia dengan total penduduk mencapai 253,60 juta jiwa, maka aspek manusia harus menjadi hal yang diperhatikan di Indonesia.

Dalam aspek lainnya, Indonesia harus mulai bergerak dari negara produsen ke negara inovatif yang menciptakan produk dan inovasi baru, sehingga bisa meloncat lebih maju dan segera berbeda dengan negara berkembang lainnya di Indonesia. Peminatan ini akan berfokus kepada kedua hal ini, di satu sisi meningkatkan produktivitas dari sisi manusia dan pada sisi lainnya meningkatkan kreativitas untuk mengembangkan berbagai produk atau jasa inovatif.

Bidang peminatan ini dimotori oleh Laboratorium Pengembangan Produk dan Inovasi (Prodev) dan Laboratorium Faktor Manusia (Ergonomics Center) Departemen Teknik Industri yang mempunyai visi untuk mengembangkan Human-Centered Systems Design and Innovation Center atau yang biasa disebut dengan PRISM (Pusat Riset Inovasi Sistem berorientasi Manusia), sebuah pusat riset yang berfokus kepada penyelesaian masalah dengan solusi inovatif berdasarkan Human Activity System (HAS). Pusat riset ini merupakan kolaborasi dari beberapa disiplin ilmu, di mana Laboratorium Pengembangan Produk dan Inovasi berperan dalam hal perancangan produk dengan mempertimbangkan user experience dan user needs di dalamnya. Mata kuliah wajib peminatan yang ditawarkan oleh peminatan ini adalah Manajemen Teknologi, Manajemen Inovasi, Makro Ergonomi dan Manajemen dan Rekayasa Keselamatan Kerja. Sedangkan mata kuliah pilihan peminatan yang ditawarkan adalah Manajemen Pengetahuan, Technopreneurship, Ergonomi kognitif dan Rekayasa Kinerja Manusia.

Mata Kuliah Wajib Peminatan:

  1. Manajemen Inovasi
  2. Manajemen Teknologi
  3. Manajemen dan Rekayasa Keselamatan Kerja
  4. Makro Ergonomi

Mata Kuliah Pilihan Peminatan:

  • Manajemen Pengetahuan
  • Ergonomi Kognitif
  • Technopreneurship
  • Human Performance Engineering