Tips Ujian Pilihan Ganda

Ujian pilihan ganda atau ujian objektif bergantung pada kemampuan anda untuk melihat fakta. Ada beberapa perbedaan gaya dalam tes objektif :

  • Pilihan ganda
  • Benar-Salah
  • Menjodohkan jawaban

Beberapa petunjuk dibawah akan membantu anda untuk mempersiapkan te:

- Pastikan anda mengetahui bahan dari pelajaran anda yang akan diujikan

- Tanyalah pada dosen anda jika ada penalti atau pengurangan nilai untuk jawaban yang salah.

Jika ada, hanya menebak jawaban jika anda merasakan itu adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan jawaban yang benar.

- Bacalah petunjuknya dengan hati-hati dan dengarkan petunjuk lisan atau koreksi yang disampaikan

Bacalah secara cepat keseluruhan tes untuk merencanakan waktu anda dan mengecek bahwa tes anda sudah komplit dan benar

- Cobalah untuk mengisi dengan jawaban anda sendiri, sebelum anda membaca pilihan jawaban yang ada

Ketika menggunakan lembar jawaban yang terpisah, jagalah agar tetap berada di samping anda dan dekat dengan lembar soal ujian anda. Cek secara berkala bahwa anda mengisi jawaban pada kolom pengisian jawaban dengan nomor yang benar.

- Jawablah dulu pertanyaan yang paling mudah

Kembali ke awal dan kerjakan jawaban yang sulit belakangan. Cobalah untuk tidak terpaku pada pertanyaan yang sulit karena anda akan menghabiskan waktu dan terpaku hanya pada soal yan itu saja.

Bacalah setiap pertanyaan dengan hati-hati.

Dalam tes objektif, kata-kata dalam pertanyaan dan jawaban potensial dapat menipu anda. Pertimbangkan semua pilihan sebelum anda memilih jawaban, bakan jika pilihan pertama terlihat sudah benar. Ini sangat penting jika anda harus memilih jawaban ‘terbaik’ pada soal ujian

-  Pada pertanyaan pilihan ganda, waspadalah pada ejaan yang tidak konsisten. Sebuah pilihan hampir selalu salah jika pertanyaan dan jawaban tidak membuat kalimat dengan ejaan yang benar

-  Waspadalah pada pilihan kata dalam tes.

Beberapa kata dibawah biasanya digunakan pada pertanyaan benar-salah :

Semua – Hampir Semua – Beberapa – Tidak,

Selalu – Biasanya – Kadang-kadang – Tidak pernah

Paling besar – Banyak – Kedua-duanya – Tidak

Lebih banyak – Sama dengan – Kurang

Buruk – Baik, Adalah – Bukan

- Pada pertanyaan benar-salah, waspadalah pada kualifikasi kata-kata seperti : ‘Semua’,’Tidak ada’, ‘Selalu’ dan ‘Tidak pernah’, yang dapat mengindikasikan bahwa pernyataan tersebut salah; dan ‘Paling banyak’, ‘Beberapa’, ‘Biasanya’ dan ‘Jarang’, yang mengindikasikan bahwa pernyataannya benar.

Pada ujian benar-salah, waspadalah pada ide pilihan atau konsep pada pertanyaan. Semua bagian dari pernyataan harus benar atau kesuluruhan pernyataan adalah salah. Jika anda benar-benar tidak dapat membuat pasangan yang sempurna antara pertanyaan dan jawaban, pilihlah alternatif yang lebih mendekati jawaban yang benar daripada pilihan lain.

- Bacalah pertanyaan yang tertera pada soal secukupnya

Jangan membaca apapun di dalam ataupun diluar pertanyaan. Membaca terlalu banyak dan berulang-ulang pada satu pertanyaan biasanya akan membawa hasil pada jawaban yang salah.

Jangan mengubah jawaban asli anda.

Pada banyak kasus, intuisi anda biasanya benar. Ubahlah jawaban anda hanya jika anda memiliki keyakinanyang kuat bahwa hal itu salah atau anda menemukan keterangan yang lain.