Tips Atasi Stress Ketika Ujian

Sebelum ujian sebaiknya anda:

  • Pastikan anda mengetahui waktu, tempat dan bahan pelajaran untuk ujian.
  • Sampai tempat ujian dengan waktu yang cukup untuk mencari tempat duduk dan buatlah diri anda nyaman. Cobalah untuk tetap tenang dan waspada.
  • Cegah percakapan dengan siswa lain mengenai sedikitnya bahan yang telah anda pelajari atau bagaimana paniknya perasaan anda.

Mengatasi Stress Ketika Ujian

  • Pastikan bahwa malam sebelum ujian anda telah tidur dengan nyenyak
  • Tiba di tempat ujian tepat waktu dan pastikan anda tidak salah tempat (ruang kelas) dengan tiba lebih awal
  • Pastikan anda telah membawa semua perlengkapan yang anda butuhkan ketika ujian (seperti buku, pena, atau kalkulator)
  • Jangan mengambil bagian dalam pembicaraan teman-teman ujian anda yang dapat membuat panik anda
  • Anda dapat membawa semua barang kedalam tempat ujian yang akan membuat anda nyaman (Tapi ini bukan berarti anda membawa catatan anda!). Mungkin akan menjadi ide yang baik bila anda membawa sebotol air minum dan beberapa permen karet.

Pemberhentian Darurat dalam Kondisi Panik

  1. Katakan dengan tegas “STOP” (Berteriak bila situasi memungkinkan).
  2. Tarik nafas dalam-dalam dan tahan nafasnya sesaat sebelum mengeluarkan nafas secara perlahan-lahan. Selama mengeluarkan nafas, relaksasikan bahu dan tangan anda.
  3. Berhenti untuk sesaat, lalu tarik nafas perlahan kembali – kemudian tahan – buang nafas, kali ini relaksasikan kening dan rahang.
  4. Tetap diam untuk beberapa saat, lalu kembali melakukan apa yang anda lakukan, hanya saja lebih perlahan dan lebih halus.
  5. Jika anda diharuskan berbicara, berbicara sedikit lebih pelan dari suara anda yang biasa digunakan.