Metode Membaca SQ3R

Metode SQ3R merupakan singkatan dari Survey, Question, Read, Recall dan Review.

Survey

  • Coba scan/skimming dari buku yang akan anda baca: daftar isi, bagian, bab, sub-bab, judul, sub-judul, keterangan gambar, diagram atau peta, paragraph pembuka dan penutup dalam setiap bagian, serta bagian terakhir kesimpulan (summary).
  • Bandingkan dengan handsout dari dosen dan class notes yang kamu lakukan, untuk mengidentifikasi bagian yang dianggap penting oleh dosen. (tips: yang sering diulang-ulang penjelasannya, atau dibilang oleh Dosen: Ini penting …, Intinya … dst)

Question

Coba membuat bagian, judul dan sujudul menjadi pertanyaan-pertanyaan, lihat pula pertanyaan2 pada akhir bagian

Tanya diri sendiri:

  1. “Apa yang diminta/dijelaskan/komentar dari dosen/instruktur tentang buku ini?”
  2. “Apa yang sudah saya ketahui terlebih dahulu tentang materi ini?”

Read

  • Ketika membaca, coba selalu ingat apakah sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah kita susun sebelumnya.
  • Kurangi kecepatan membaca, atau bahkan Berhenti dan ulangi membacaketika mendapatkan paragraph yang sulit
  • Coba berhenti di setiap akhir bagian (sub-judul dan sub-bab) untuk membuat kesimpulan setiap bagian secara singkat (terutama relasikan dengan pertanyaan yang telah disusun sebelumnya)
  • Untuk membantu pembuatan kesimpulan, ulangi membaca judul, judul tabel dan judul gambar, kata atau kalimat yang di-bold, italic atau garis bawah

Recall (Recite)

  • Tanyakan dengan berbicara ke diri sendiri tentang apa yang telah dibaca, dengan kalimat anda sendiri.
  • Buatlah catatan untuk membantu secara visual struktur dari apa yang dibaca
  • Gunakan teknik mengingat lainnya seperti MindMap dan sebagainya
  • Recall semakin kuat ketika kita menggunakan semua sensor tubuh ketika melakukan penyimpanan di dalam ingatan kita, seperti Tripple Strength Learning: Seeing, Saying, Hearing atau Quadrupple Strength Learning: Seeing, Saying, Hearing and Writing

Review

Review harus dilakukan pada H+1, H+2,  H+3, H+5, H+7 yang mencakup

  • Membaca kembali catatan, MindMap dan sebagainya untuk membuat otak anda belajar bahwa hal yang diutarakan adalah penting.
  • Coba Tuliskan kembali kesimpulan tanpa melihat buku tapi hanya dari catatan anda atau daftar isi dari buku tersebut.
  • Setiap sub-judul coba tanyakan apa yang disimpulkan ketika membaca pertama kali