Industrial & System Engineering Competition (ISEEC) 2018

 juara

Industrial & Systems Engineering Competition 2018 atau ISEEC 2018 adalah lomba keilmuan teknik industri tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Industri. Tahun ini, ISEEC 2018 mengangkat tema “Revitalizing the Aviation Industry: Delivering Solutions for Airport Issues Through Strategic Management”, dimana ini adalah tahun ke-18 sudah terselenggaranya perlombaan ini. Sudah 2 tahun, ISEEC 2018 meluaskan cakupannya menjadi perlombaan berskala internasional.

Seperti ISEEC pada tahun sebelumnya, main event acara ini dilakukan oleh 20 tim terbaik dari para pendaftar sebelumnya yang telah melewati preliminary stage pada tanggal 8-11 Januari 2018. Seluruh peserta yang telah menjadi 20 tim terbaik ISEEC pada tahun ini melakukan rangkaian main event ISEEC 2018 yang berlokasi di Margo Hotel dan juga Departemen Teknik Industri UI. Main Event ISEEC 2018 ini berlangsung 5 hari, dari rangkaian Opening hingga Closing Ceremony yang terselenggarakan pada tanggal 19 – 23 Februari 2018.

Di hari pertama, 19 Februari 2018, diselenggarakan rangkaian Opening Ceremony ISEEC 2018 di Ballroom Margo Hotel yang dihadiri tamu-tamu VIP: Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub): DR. Ir. Agus Santoso, M.Sc. , Director of Engineering & Operation PT Angkasa Pura II: Djoko Murjatmodjo , Senior Manager Quality & Standarization PT Gapura Angkasa: Yan Ardianto , Chairman of CSE Aviation Commisioner: Chappy Hakim , Ketua Departemen Teknik Industri: Ibu Dr. -Ing. Amalia Suzianti, S.T., M.Sc. , Para Dosen Senior TIUI , Ketua BEM FTUI 2018 , Ketua IMTI 2018, dan juga para seluruh peserta ISEEC 2018. Opening Ceremony dibuka dengan sambutan dari para tamu VIP, dan juga terdapat penampilan tarian tradisional daerah sebelum adanya pemukulan gong secara simbolis untuk membuka rangkaian main event ISEEC 2018. Setelah pemukulan gong tersebut, dimulailah sesi Expert Talk dari para pelaku industri penerbangan yaitu tamu-tamu VIP diatas. Sesi Expert Talk ini diakhiri oleh sesi tanya jawab kepada peserta ISEEC dan juga penyerahan plakat kepada para pembicara.

Di hari berikutnya, 20 Februari 2018, sudah dimulai rangkaian perlombaan ISEEC 2018 yang diawali dari Stage 1 yaitu perlombaan tertulis, memecahkan soal dengan jenis jawaban pilihan ganda dan juga essay. Stage 1 ini dilaksanakan pada Fakultas Teknik UI. Pada hari berikutnya, 21 Februari 2018, dilaksanakan perlombaan lanjutan dari hari sebelumnya, yaitu Stage 2 yang diadakan di Departemen Teknik Industri dengan jenis perlombaan berbentuk simulation game berkenaan dengan tema ISEEC tahun ini, yaitu permasalahan industri penerbangan. Dan pada malam harinya, dilaksanakan acara makan malam bersama para peserta, yaitu Gala Dinner yang kembali dilaksanakan pada Ballroom Margo Hotel dengan diakhiri pengumuman 5 tim terbaik. Hasil pengumuman pada hari ke-3 ini adalah

1. THREE PLUS ONE – Institut Teknologi Bandung

2. INCREDIBLE – Universitas Surabaya

3. PHILOSOPHY – Universitas Indonesia

4. VOLANT OPPORTUNA – Institut Teknologi Bandung

5. GARDAPATI -  Institut Teknologi Sepuluh November

sebagai 5 tim terbaik pada ISEEC 2018 yang berhak melanjutkan perlombaan pada sesi berikutnya keesokan harinya.

Dihari ke-4, Kamis 22 Februari 2018, dilaksanakan Fun Trip atau kunjungan ke perusahaan industri Samudra Montaz Indonesia untuk ke-15 tim yang tersisih sebagai salahsatu rangkaian penutup sebelum mereka kembali ke daerah asalnya masing-masing. Dan kepada 5 tim terbaik yang telah diumumkan pada hari sebelumnya, pada hari ke-4 ini melaksanakan ekskursi ke PT. Angkasa Pura II untuk menerima berbagai informasi dan inputan secara langsung berkenaan industri penerbangan yang menjadi main topic ISEEC 2018 ini.

Dihari terakhir, Jumat 23 Februari 2018, dilaksanakan sesi terakhir perlombaan yaitu Stage 3 di pagi hari yaitu perlombaan berjenis presentasi dihadapan para juri yang dilaksanakan di Auditorium Vokasi UI. Dan pada siang harinya, kompetisi ISEEC 2018 ditutup dengan adanya Closing Ceremony dengan beberapa penampilan pengisi acara serta pengumuman Juara 1, 2, dan 3 ISEEC 2018 yang berhak membawa pulang total hadiah $4000.

Sesi pengumuman pun berlangsung, dan para juara ISEEC 2018 yang didapat dari akumulasi nilai-nilai pada Stage sebelumnya adalah

1. Volant Opportuna – Institut Teknologi Bandung

2. Philosophy – Universitas Indonesia

3. Three Plus One – Institut Teknologi Bandung.

Selamat kepada para pemenang! Semoga hasil dari perlombaan keilmuan ini bisa menjadi salahsatu solusi nyata dalam permasalahan industri penerbangan Indonesia kedepannya.